Perbedaan Cloud Server dengan Virtual Private Server

Written By si jenggot on Tuesday, December 29, 2015 | 10:03 AM

Masih banyak orang yang masih bingung dengan istilah Virtual Private Server dan juga cloud server. Yang terbaru dari semua ini adalah Cloud Server Murah. Bagi anda yang ingin membuat sebuah website tentu harus paham dengan arti dari istilah tersebut, karena jika salah pilih akan berakibat buruk untuk usaha atau bisnis online Anda. Berikut akan dijabarkan mengenai perbedaan dari  Cloud Server dan Virtual Private Server:

  • Cloud Server merupakan gabungan dari beberapa server yang difungsikan sebagai storage (disk virtual). Teknologi cloud ini memungkinkan beberapa server bisa dimanfaatkan sebagai CPU Virtual atau (computing node). Dengan adanya teknologi ini maka aka ada network VLAN. Jaringan inilah yang dimanfaatkan sebagai server yang bisa diakses oleh pelanggan untuk keperluan websitenya. Layanan cloud server ini memberikan kelebihan yaitu kemudahan menaikan atau menurunkan resource server website seperti jumlah Core CPU, maupun jumlah RAM sesuai kebutuhan anda atau biasa disebut On Demand atau mirip dengan system pulsa ponsel. Selain itu cloud server tidak pernah down atau error, karena server saling membackup antara satu dengan yang lain.
  • Virtual Private Server atau VPS merupakan layanan server virtual yang bisa digunakan untuk keperluan layanan bisnis online anda dengan menggunakan sistem operasi dan platform bisa anda pilih sendiri. Kelemahannya adalah VPS ini tida bisa mengakomodir kebutuhan koneksi privat antar server. Layanan ini juga membutuhkan konfigurasi yang lebih optimal untuk security. 
Pada umumnya Cloud Server memiliki dasar yang sama dengan VPS, namun terdapat beberapa perbaikan yang cukup bagus, selain itu harga yang ditawarkan juga hampir sama dengan VPS.

0 komentar:

Post a Comment