Kualitas Furniture Kayu Jati

Written By shinobi apuy on Tuesday, December 1, 2015 | 3:13 PM

Kualitas Furniture Kayu Jati
Indonesia memiliki hutan yang sangat luas dengan beragam jenis tumbuhan yang menghiasinya. Namun, dari berbagai macam jenis kayu pohon yang dapat ditemukan di belantara Indonesia, kayu jati tetap merupakan jenis yang paling populer dan diminati. Furniture kayu jati merupakan salah satu hasil olahan kayu jati yang paling populer. Permintaan konsumen atas furniture ini masih relatif tinggi, tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, tetapi juga hingga tingkat Internasional.

Mengapa kayu jati sangat populer? Apa yang membuatnya dicari-cari di seluruh dunia? Inilah jawabannya,

Kayu jati sangat tahan lama. Kayu jati memproduksi minyak unik yang membuatnya dihindari rayap dan serangga lainnya, dan minyak unik ini tetap akan melawan serangga bahkan setelah berumur sekalipun. Minyak yang sama juga membuatnya tahan dari hujan ataupun kondisi cuaca lainnya. Dengan adanya minyak khusus ini, beberapa pengrajin kayu lebih memilih untuk tidak memoles hasil karyanya dengan minyak buatan, dan membiarkan minyak alaminya menjaga keutuhan dan kekuatan kayu.

Kayu jati sangat kuat. Selain tahan lama, kayu jati juga sangatlah kuat. Kayu jati sejak dulu sering digunakan untuk membuat kapal tradisional, karena selain tahan lama, kayu jati juga kuat menahan beban berat. Kayu jati lebih berat dari kebanyakan jenis kayu lain dan tidak gampang patah atau hancur, hal ini sering dimanfaatkan pelaut dengan memasangnya di depan kapal untuk menahan benturan jika menabrak karang, ataupun kapal lain.

Warna alami yang dihasilkan kayu jati yang tidak menggunakan pemoles buatan sangatlah indah. Seiring berjalannya waktu. Terdapat dua jenis jati yang dipisahkan  sesuai warnanya :
  • Heartwood. Memiliki warna merah kecoklatan. Warnanya semakin gelap seiring waktu. Merupakan jenis yang paling lazim ditemukan.
  • Sapwood. Memiliki warna coklat kekuningan dan agak pucat. Perubahan warna yang dikarenakan umur tidak begitu signifikan.
Kualitas furniture kayu jati yang baik ini, membuat harga furniture kayu jati terbilang cukup tinggi. Karena itulah, banyak oknum nakal yang berusaha membuat furniture kayu jati palsu dan menjualnya dengan harga tinggi. Agar terhindar dari hal ini, perhatikan baik-baik kondisi furniture yang akan dibeli, dan cari informasi terlebih dahulu mengenai ciri-ciri furniture kayu jati palsu. (RR)

0 komentar:

Post a Comment