Mengenal Kode Velg Mobil

Written By si jenggot on Thursday, February 23, 2012 | 4:31 PM

Bagi anda yang ingin membli velg mobil, ada baiknya mengenal kode-kode dari sebuah velg mobil, agar tidak salah pilih. Ada beberapa kode-kode yang di pakai untuk menggambarkan spesifikasi detail dari sebuah velg, diantaranya adalah :


velg mobil


1. Rim Marking : biasanya format penulisannya seperti ini 15x7J ET 38, yang artinya velg mobil tersebut berukuran 15 inch dengan lebar 7 inch dan offset 38 mm.

2. Center Bore: merupakan lubang di tengah-tengah lubang baut pada velg mobil, yang berfungsi untuk menahan velg agar tetap berada dipusat roda, atau sering juga disebut Center Hole.

3. Bolt Patern (PCD): adalah jarak lubang baut yang ada pada velg. PCD (Pitch Circle Diameter) yaitu diameter pola lingkaran posisi baut dalam satuan milimeter. Misalnya kode 4/114.3 merupakan kode untuk menunjukkan jumlah baut yaitu 4 baut dan 114.3 merupakan PCD

4. Offset: adalah ukuran seberapa besar tekukan penampang / permukaan tengah velg bagian dalam yang ke luar ataupun ke dalam, semakin kecil size offset maka penampang dalamnya semakin tebal sehingga membuat velg apabila terpasang di mobil akan semakin keluar dari fender mobil.

Semoga dengan mengenal arti dari kode pada velg mobil, bisa membuat Anda memilih velg yang tepat untuk mobil Anda.(berbagai sumber)

0 komentar:

Post a Comment