Mengenal 4 Macam Rekan Kerja Menyebalkan

Written By si jenggot on Thursday, March 31, 2011 | 2:40 PM



Relationship – Dalam Lingkungan kerja kita tentu ada beberapa tipe rekan kerja yg Anda hadapi sehari-hari di kantor. Berikut ini beberapa jenis rekan sekerja yg sebaiknya dihindari, serta tips cara menghadapi mereka.

Teman yg bermuka dua

Berhati-hatilah menghadapi tipe rekan sekerja yg bermuka dua. Bahkan, bila tidak ada yg perlu dibicarakan sebaiknya Anda diam saja.

Relationship dgn tipe seperti ini senang memakai nama orang lain dalam membicarakan kejelekan orang dan membicarakan Anda di belakang Anda. Karena sikap dan kata-katanya manis, Anda akan merasa dia merupakan sahabat yg bisa dipercaya.

Padahal, bila Anda tidak ada, dia akan membicarakan Anda kepada rekan kerja yg lain. Oleh karena itu, bila dia mendekati Anda untuk mulai bergosip, sebaiknya sambil tersenyum angkat telepon dan tunjukkan kepadanya bahwa Anda sedang sibuk. Sesudah beberapa kali sikap ini Anda perlihatkan kepadanya, percayalah dia tidak tertarik untuk menjalin Relationship lagi.

Teman Yg Berpikiran Negatif

Sebaik apapun ide yg Anda miliki pasti dicela olehnya dan dgn senang hati akan disampaikannya kepada atasan.

Bila Anda memperoleh reward akhir tahun, dia akan memperbincangkannya. Anda tidak perlu berargumentasi dgnnya karena akan membahayakan diri Anda. Jangan beri kesempatan padanya untuk menemukan kekurangan Anda. Usahakan Anda dapat mengatasi masalah yg Anda hadapi dan mengimbanginya dgn solusi yg positif.

Teman Yg Suka Memanfaatkan

Berbeda dgn rekan sekerja yg berpikiran negatif, rekan sekerja yg sifatnya pemanfaat dapat melihat ide cemerlang Anda, dan memanfaatkannya.

Tipe rekan sekerja yg demikian tidak dapat menahan dirinya dan selalu ingin terlibat dalam setiap pekerjaan yg dilakukan oleh rekan sekerja lainnya. Ada dua bahaya bila Anda membiarkannya ikut terlibat dgn proyek yg Anda lakukan: pertama, Anda berisiko melihat ide Anda berubah seratus persen. Kedua, melalui akal bulusnya akan tampak seolah-olah bukan Anda yg mengerjakan proyek Anda.

Satu-satunya cara dalam menjawab tawaran bantuan darinya adalah dgn mengatakan, “Terima kasih, saya dapat mengerjakannya sendiri.” Dan tidak peduli seberapa menggoda tawarannya, Anda harus kuat. Bantuannya dapat membahayakan reputasi Anda.

Rekan Sekerja Yg Posesif

Memang menyenangkan bila kita menjalin Relationship keseseorang yg menyukai kita. Tetapi sebaiknya Anda berhati-hati dan tidak terlalu dekat dgn teman tipe seperti ini. Tipe rekan sekerja yg demikian selalu ingin bersama-sama kemanapun Anda pergi, baik untuk makan siang ataupun untuk berbelanja sesudah pulang kantor dan berakhir pekan.

Bila Anda menikmati Relationship dgnnya, tidak masalah. Tetapi masalahnya, bila dia sudah begitu lengket dgn Anda dan tiba-tiba keadaan berubah, misalnya Anda mendapatkan kekasih, dia akan sangat cemburu dan tidak dapat menerima perubahan tersebut begitu saja.

Yg perlu diingat hanyalah menyadari bagaimana rekan sekerja dapat memanfaatkan Anda dan bagaimana rekan sekerja yg lain dapat mempersulit hidup Anda, sekaligus mengetahui bagaimana menghadapi mereka.

Sumber: tabloidnova.com

Temukan Info Seputar Relationship

0 komentar:

Post a Comment