Manajemen Artis, Fungsi dan Tugasnya

Written By si jenggot on Wednesday, March 2, 2011 | 3:19 PM



Manajemen Artis - Menjadi artis adalah salah satu profesi dambaan setiap orang. Sosok artis yg sering nampang di TV, job- job manggung, main sinetron yg tidak pernah sepi.
Semakin muncul di media massa, popularitas pun semakin naik. Seiring ketenaran yg melejit otomatis pundi-pundi emasnya pun bertambah banyak.
Karena banyaknya order manggung, main sinetron, iklan`, dan sebagainya, maka artis-artis ini butuh seorang asisten dan manajer. Manajer inilah yg bertugas mengatur jadwal artis manggung, mengatur keuangan artis, mengatur perjanjian kontrak dgn sponsor dan lain sebagainya.
Manajemen artis merupakan kebutuhan wajib yg ada di dunia selebritis dewasa ini. Manajemen yg solid mencerminkan profesionalitas dari artis tersebut. Jadi Apabila ada stasiun televisi atau rumah produksi yg ingin menggunakan jasa artis, tinggal menghubungi atau menelpon manajemennya.
Berikut ini adalah tugas-tugas utama dari manajemen artis yg bisa dijadikan patokan Anda bila ingin membuka bisnis di bidang manajemen artis.
Tugas Manajemen Artis
Mengatur semua jadwal pentas, show dan shooting. Manajemen harus pandai mengatur jadwal undangan pentas untuk artis agar tak benturan dgn jadwal pentas lain. Selain itu juga harus memastikan fasilitas dan akomodasi untuk artis selama pentas/roadshow.
Menyusun kontrak kerja dgn artis dan pihak ketiga yg ingin menggunakan jasa artis tersebut. Kontrak kerja ini sangat penting sebagai bukti kerjasama.Mengatur keuangan/pembagian kompensasi. Di dalam kontrak kerja antara manajemen dicantumkan pembagian hasil pemasukan dari pentas, main film, sinetron dan kontrak dari sponsor.
Manajemen wajib membuat laporan keuangan, meliputi pemasukan dan pengeluaran si artis. Pembagian hasil atas pemasukan dari artis dgn manajer harus jelas presentasenya.Mengajukan legalitas/hak paten atas hasil karya artis.
Manajemen artis diwajibkan mengurus hak paten atas hasil karya artis, hasil karya bersama dan segala merchandise, atribut iklan, promosi, dan sebagainya. Perlindungan hak paten sangat penting bagi artis, karena merupakan sebuah hasil dari ide dan kreativitas untuk karya intelektual yg patut dilindungi. Mempromosikan artis yg ada di bawah manajemennya.
Manajemen artis konsisten mempromosikan artis yg ada di bawah naungan dia agar selalu eksis dan mendapat tawaran dari pihak ketiga untuk show, mengisi event, atau tawaran untuk iklan model produk. Semakin gencar manajemen mengorbitkan artis, tentu saja akan banyak tawaran yg masuk dan berdampak pada pemasukan manajemen itu sendiri.
Sumber: debuh.com
Temukan Info Lain Seputar Manajemen Artis

0 komentar:

Post a Comment