Keunikan Dari Lampu Hias

Written By si jenggot on Thursday, March 24, 2011 | 2:27 PM


Lampu Hias - Membuat suasana ruang yg berbeda tidak perlu dgn mengganti atau menghadirkan furnitur baru. Lampu dekoratif pun bisa melakukan hal itu.

Lampu, terutama lampu hias, mampu memberikan atmosfer yg berbeda pada hunian dgn sentuhan estetikanya. Warna cahaya, tingkat keterangan, dan bentuk wadah yg dihasil-kan lampu dapat memberikan nuansa ruang yg berbeda. Ruangan juga tampak cantik dgn cahaya yg terang atau temaram.

Namun, untuk menghadirkan tampilan ruang yg bernuansa lebih terang atau temaram melalui lampu, ada beberapa hal yg wajib diperhatikan. Misalnya penyesuaian antara model lampu dan gaya serta bentuk desain interior ruangan, luas ruang, cat dinding, furnitur pengisi ruang, dan nuansa yg ingin dihadirkan. Biasanya, ruangan yg sering menghadirkan lampu hias untuk menambah kesan cantik adalah ruang tamu dan ruang keluarga. Sebagai public service, ruang tamu memang menjadi salah satu ruang penilaian tamu terhadap si empunya rumah. Alhasil, penghuni pun tidak akan segan-segan memoles wajah ruang tamu secantik mungkin.

"Untuk penataan interior hunian, sebaiknya memilih jenis lampu hias untuk dekoratif yg mampu memberikan efek dramatis dan warm pada ruang. Kita juga harus memiliki pengetahuan dalam menatanya sehingga keindahan lampu tidak terasa flat," kata desainer interior dari Millenia Furniture, Anita Buntarman.

Lampu hias yg bisa dihadirkan di antaranya lampu gantung yg biasanya ditempatkan di tengah ruangan, lampu dinding, atau lampu meja (table lamp) yg umumnya diletakkan di sudut ruangan atau di atas furnitur. Masing-masing lampu tersebut memiliki kelebihan, yg disesuaikan dgn fungsi dan tampilan yg ingin dihadirkan.

Dominasi lampu gantung, yg biasanya dipasang di ruang tamu atau ruang keluarga, kini mulai surut. "Posisinya" digantikan oleh lampu dinding, table lamp, atau ceiling lamp (lampu langit-langit) yg lain. Mengenai jenisnya, lampu kristal masih menjadi lampu hias yg diminati untuk dijadikan unsur pemanis ruangan dgn "aura" kemewahannya. Kendati demikian, jenis lampu lainnya juga memiliki aura positif yg berbeda dan unik. Dgn beragam variasinya, lampu dinding pun tidak kalah pamor karena lampu ini perlahan mulai dilirik masyarakat yg cenderung menyukai kesan minimalis dan manis. Sementara lampu kristal memberikan nuansa lebih mewah dan elegan yg umumnya diaplikasikan pada hunian bergaya klasik. Adapun rumah bergaya modern lebih banyak memakai table lamp dgn berbagai variasinya yg disesuaikan dgn ukuran meja.

Sumber: okezone.com

Temukan Info lain Seputar Lampu Hias

0 komentar:

Post a Comment